Pembelajaran proyek berbasis gamification untuk meningkatkan kemampuan computational thinking

Penulis

  • Nurulita Imansari Universitas PGRI MAdiun
  • Umi Kholifah Universitas PGRI Madiun
  • Akbar Mukti Sasono Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.46808/iitp.v2i1.77

Kata Kunci:

pembelajaran proyek, gamifikasi, berpikir komputasi

Abstrak

Salah satu upaya untuk mengoptimalkan manfaat transformasi digital adalah dengan mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran. Gamification adalah salah satu inovasi pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran yang menggunakan teknologi. Penggunaan teknologi ini diharapkan akan mampu meningkatkan Computational thinking para mahasiswa untuk menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran proyek berbasis gamification terhadap computational thinking. Penelitian dilakukan pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Sistem Cerdas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran proyek berbasis gamification dapat meningkatkan computational thinking mahasiswa

Diterbitkan

2024-11-15

Terbitan

Bagian

Articles