Pemodelan Teknologi AI untuk Monitoring dan Evaluasi Kinerja Penelitian Dosen di Politeknik
DOI:
https://doi.org/10.46808/iitp.v2i1.81Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, Monitoring Penelitian, Evaluasi Penelitian, Pembelajaran Mesin, Natural Language ProcessingAbstrak
Di era digital saat ini, kecerdasan buatan (AI) mulai merubah cara kita mengelola berbagai tugas, termasuk dalam hal penelitian di institusi pendidikan. Artikel ini membahas bagaimana AI dapat digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja penelitian dosen di Politeknik Jambi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menciptakan dan menggunakan sistem berbasis AI yang membuat proses monitoring dan penilaian kinerja penelitian menjadi lebih cepat dan akurat. Sistem ini memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menganalisis data penelitian, seperti publikasi, paten, dan kontribusi konferensi, untuk memberikan pandangan yang jelas dan objektif tentang kinerja penelitian. Kami mengumpulkan data dari berbagai sumber, memprosesnya menggunakan Natural Language Processing (NLP) untuk menarik informasi penting, dan menerapkan model prediktif untuk penilaian kinerja. Temuan kami menunjukkan bahwa sistem AI ini tidak hanya mempercepat proses evaluasi tetapi juga meningkatkan transparansi dan akurasi. Kami juga membahas tantangan penggunaan AI di lingkungan akademik serta memberikan beberapa tips untuk pengembangan lebih lanjut. Harapan kami adalah bahwa institusi pendidikan lain dapat memanfaatkan wawasan ini untuk mengelola dan mengevaluasi penelitian dengan lebih baik menggunakan AI.